5 niche blog yang paling mudah untuk promosi

December 19, 2017
Niche blog yang paling banyak dicari-Terkadang kita bingung niche blog seperti apa yang paling enak untuk promosi. Soalnya kadang kita membuat blog yang kurang diminati oleh pasar, salah satu contoh termudah adalah blog dengan niche artikel pribadi (yang isinya kehidupan sehari-hari penulisnya). Tentunya blog dengan niche pribadi ini langka diminati orang, dikarenakan sedikit pula orang yang tertarik dengan urusan orang lain yang bahkan tidak ia kenal. Kecuali kalau memang dia seorang dengan kemampuan menulis yang luar biasa sehingga diminati banyak orang, seperti Raditya Dika atau contoh lain Pandji Pragiwaksono.


Selain itu kadang seorang blogger akan mengalami kendala seperti kesulitan mencari ruang promosi. Contoh kecil ketika saya mencoba membuat artikel tentang masalah kehidupan ataupun masalah percintaan, saya akan menemui kendala yaitu menemukan pasar yang tepat. Bro, itu kok situs idntimes sama hipwee yang artikelnya seperti percintaan tetap aja ramai? katanya sulit?

Yang dimaksud sulit disini adalah sulit untuk menemui tempat promosi yang relevan dan efektif dengan niche blog kita, dengan tempat promosi yang mudah dijangkau, maka semakin mudah pula cara agar blog kita dapat diminati pengunjung. Lalu, niche blog seperti apa yang mudah menemui tempat promosi yang relevan? Berikut pembahasannya.

#1 Kesehatan

Banyak sekali orang yang membutuhkan ilmu tentang kesehatan, banyak pula pertanyaan tentang dunia kesehatan. Kita dapat melihat di facebook, cukup search aja healthy. Maka kalian akan menemukan grup-grup seperti healthy mom, healthy kids, dsb.

Semakin banyak kebutuhan orang akan informasi kesehatan, maka kita bisa temukan banyak komunitas yang membahas tentang dunia kesehatan itu sendiri

#2 Teknologi

Di-era globalisasi ini, siapa sih yang nggak tertarik dengan teknologi masa kini? siapa pula yang tidak membutuhkan teknologi?

Banyak sekali kebutuhan masyarakat akan informasi teknologi, dapat membuktikan besarnya pasar yang dapat kita manfaatkan untuk menentukan niche blog yang akan kita pakai.

#3 Otomotif

Pernah dengan nama Denis Kancil? Saya yakin kalian pernah mendengarnya, karena dia adalah seorang pembalap cilik yang hebat. Adanya Denis Kancil ini membuktikan bahwa peluang blog dengan niche otomotif ini akan mudah kita temukan di sekitar kita.

Bro, apa hubungannya dunia balap sama otomotif? Jelas banyak, dunia balap tidak terpisahkan dengan dunia otomotif. Kita bisa lihat motor yang digunakan oleh Denis Kancil, tentu motor yang telah di modifikasi, yang tentunya saya yakin orang yang memodifikasi ini merupakan orang yang paham dunia otomotif.

Saya juga mengamati bahwa komunitas otomotif tidak sebatas di dunia maya, seperti di grup facebook saja-tetapi komunitas otomotif juga tumbuh subur di kehidupan sehari-hari. Bahkan di tempat daerah saya tinggal, setiap malam minggu pasti akan ada acara kumpulan orang-orang yang hobi di dunia otomotif

#4 Hot Issue

Membuat blog dengan niche seputar issue-issue panas yang sedang beredar dimasyarakat adalah salah satu pilihan yang tepat jika kalian ingin mudah mendapat visitor secara cepat. Karena tidak perlu share di grup-grup facebook, cukup artikel dengan judul issue yang sedang banyak diperbincangkan dan ditambah judul yang bait, orang indonesia pasti mudah terpancing.

Hal inilah yang sering kali dimanfaatkan oleh hoaxer untuk membuat sebuah berita bohong agar memancing banyak orang untuk berkunjung ke blog nya.

Sebagai manusia cerdas dan berakal, kita tidak patut meniru tindakan tercela hoaxer. Bila ingin menulis artikel tentang hot issue, maka tulis-lah dengan sejujur-jujurnya.

#5 Dunia Blogging

Merebaknya penghasilan seorang blogger yang mendapatkan penghasilan besar, membuat maraknya pula komunitas blogger yang berkembang di Indonesia.

Kita bisa lihat bagaimana terbentuknya forum ads.id, lalu kita juga dapat menemui berbagai grup facebook yang membahas dunia seputar blogging. Hal ini bisa kita jadikan bahan pertimbangan untuk membuat blog bertema 'tutorial atau panduan' blogging.

Tidak tanggung-tanggung bahkan kita bisa mendapati beberapa grup blogger yang telah ber-anggotakan, puluhan hingga ratusan ribu akun facebook. Tentu grup-grup inilah yang dapat membantu kita untuk berpromosi di pasar yang tepat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

1 comment

templateny responsive, I like it,, Bro

Balas