Cara riset kata kunci sederhana

December 11, 2017
Cara riset kata kunci di google-Sebelum kita membuat artikel, ada baiknya kita melakukan riset kata kunci, agar nantinya paling tidak ada seseorang yang mencari kata kunci yang sesuai dengan artikel kita, mengingat begitu krusial nya riset kata kunci, maka banyak sekali tutorial yang dapat kita temukan dengan berbagai metode yang berbeda.

Tetapi menurut saya dari berbagai cara untuk mendapatkan kata kunci yang tepat masih terlalu sulit atau rumit dipahami oleh blogger pemula, karena sebagai blogger pemula tentu pasti tidak terlalu memperhatikan teknik dasar blogging, seperti saya dulu yang selalu posting semau saya, apapun yang saya suka saya posting di blog.

Oleh karena itu kita harus benar-benar melakukan research keyword agar artikel yang kita buat dapat terbaca pada halaman pertama mesin pencari. Dari beberapa artikel yang kalian muat di halaman blog, teknik research keyword akan sangat terasa fungsinya saat diterapkan pada artikel evergreen (istilah yang diberikan di blog mas sugeng)

Artikel evergreen sendiri adalah artikel yang tetap relevan sampai kapanpun atau paling tidak dapat bertahan hingga jangka waktu yang lama. Salah satu contoh artikel evergreen yang mudah dibuat adalah artikel tutorial (cara). Logikanya setiap hari pasti ada jutaan orang di berbagai penjuru belahan dunia yang mencari cara melakukan sesuatu.

Dari tutorial yang paling simple (seperti : cara membuat akun facebook) dari tutorial yang cukup sulit (seperti : cara mendapatkan VCN dari Bank Cimb Niaga). Artikel artikel seperti itu pasti akan selalu dicari oleh banyak orang. Bila, kalian merupakan blogger yang memang fokus dalam konten tutorial, cobalah untuk mencari berbagai refrensi, agar konten yang anda buat selalu mengikuti perkembangan zaman.

Selain itu memperbanyak refrensi juga menambah ilmu kita atau paling tidak kita menjadi paham berbagai banyak hal. Karena semakin banyak refrensi yang kita baca, semakin banyak pula perbendaharaan kata atau istilah yang dapat kita gunakan saat menulis artikel.

Kembali ke topik awal, bagaimana sih cara melakukan riset kata kunci sederhana di mesin pencarian google? Untuk melakukan riset kata kunci pada mesin pencarian goole kalian perlu pahami dua istilah sederhana dalam melakukan riset kata kunci.

#1 Suggestion Keyword




Suggestion keyword dapat diperoleh (muncul) saat kita hendak mencari sesuatu di internet, contoh kecil, saat saya ingin menyelesaikan tugas bahasa indonesia yaitu membuat pidato, saya mencari di google dengan kata : contoh pidato bahasa indonesia, lalu disaat yang bersamaan muncul kata kunci lain, tepat dibawah kata kunci yang saya cari yaitu contoh pidato bahasa indonesia singkat. Secara psikologis, sebagai seorang pelajar pasti akan mengklik kata kunci contoh pidato bahasa indonesia singkat tersebut. Itulah yang dinamakan suggestion  keyword. Suggestion keyword tersebut bisa dijadikan pertimbangan saat kalian membuat artikel.

#2 Penelusuran terkait




Penelusuran terkait dapat kalian temukan saat mencari sesuatu pada mesin pencari, tetapi tidak ada yang relevan dengan yang anda butuhkan. Contoh nyata saat saya mendapat tugas bahasa indonesia untuk membuat naskah drama, saya tidak menemukan satupun naskah yang sesuai harapan saya. Karena yang saya inginkan adalah naskah untuk enam orang, sedangkan yang saya temukan pada mesin pencari naskah dramanya tidak relevan untuk enam orang.

Cobalah scroll kebawah, maka kalian akan temukan penelusuran terkait. Penelusuran terkait inilah yang dapat kalian dijadikan sebagai kata kunci dari artikel kalian.

Keywoordtool.io

Selain kedua cara diatas kita dapat melakukan riset kata kunci menggunakan keywordtool.io. Menggunakan keywordtool kita dapat melakukan riset kata kunci tidak hanya melalui google saja, tetapi kita juga bisa melakukan riset untuk mesin pencari lainnya seperti bing. Bahkan kita bisa menggunakannya untuk mencari kata kunci untuk video youtube.

Saat melakukan riset kata kunci di website keywordtool.io pastikan kalian telah mengganti bahasa yang digunakan untuk mencari kata kunci, bila artikel kalian menggunakan bahasa indonesia maka gantilah setinggan bahasanya menjadi bahasa indonesia.

#Tips Memasukan kata kunci di artikel

Saat kalian membuat artikel, usahakan perkaya kata kunci di paragraf awal agar artikel kalian menjadi rujukan utama dari kata kunci terkait pada mesin pencari.

Perkaya artikel dengan short tail keyword dan long tail keyword. Kita tidak bisa mengandalkan satu kata kunci saja, maka dari itu gunakanlah metode diatas untuk memperkaya kata kunci pada artikel yang kita buat.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments