Cara Mengecek Kualitas SEO Blog

December 05, 2017
Bagaimana cara mengecek kualitas SEO? terkadang jika kita memiliki blog, banyak hal yang harus kita awasi perkembangannya seperti perkembangan jumlah visitor, perkembangan kualitas artikel terutama adalah perkembangan kualitas SEO blog kita. Dari situ pula ada banyak cara untuk mengecek kualitas SEO Blog.

Sudah banyak sekali tool-tool yang tersedia di internet untuk mendukung optimasi SEO pada blog. Salah satu website yang menyediakan tool seo cukup terkenal adalah https://smallseotools.com/

Tetapi kali ini saya tidak akan membahas tentang itu, karena saya sendiri belum terlalu expert dalam menggunakan smallseotools, dan menurut saya sendiri untuk melakukan optimsi SEO lebih baik dilakukan dengan cara manual. Cara manual yang dimaksud adalah menggunakan cara-cara lama seperti
  • Mendaftarkan blog di webmaster
  • Optimasi SEO onpage
  • Membuat artikel berkualitas
  • Memasang Backlink, dsb.
Tidak dipungkiri pula bahwa kehadiran, website-website penyedia tools di internet merupakan sebuah kemudahan bagi para blogger untuk meng-optimasi blog mereka, karena salah satu fitur dari smallseotools yang cukup ramai adalah backlink maker. Tetapi saran saya, hindari penggunaan backlink maker, karena sesuatu yang serba instan tidaklah baik juga ada resiko jika backlink yang terbuat terdeteksi sebagai spam.

Perlu diketahui juga, jika blog yang kalian kelola memiliki kualitas SEO yang baik akan mendatangkan visitor organik (visitor dari search engine). Visitor organik inilah yang membuat sebuah blog atau website. Untuk itulah kita wajib menjaga kualitas SEO blog, agar nantinya blog memiliki SERP yang bagus. Untuk menjaga kualitas SEO kita juga harus rutin mengecek apakah blog yang kita kelola telah terideks dengan baik oleh mesin pencari.

#Menggunakan CEKSEO.COM
Menggunakan cekseo[dot]com tidak-lah mengeluarkan biaya, tetapi untuk penggunaan yang maksimal harus-lah login terlebih dahulu dengan akun google plus,
Bila sudah login maka langkah selanjutnya adalah masuk kehalaman utama.


Masukkan alamat blog atau website kalian. Tunggu pengambilan data oleh pihak cekseo.com
Semua data dari blog kalian akan dianalisis, hingga membentuk sebuah laporan, yang bisa kalian analisis sendiri. 
Laporan data tersebut bisa didownload dalam format pdf

#Melihat statistik visitor
Cara lainnya adalah dengan menggunakan statistik yang tersedia dalam fitur blogger. Tanpa disadari jika ternyata fitur statitstik yang tersedia dalam blogger sudah cukup lengkap, kita bisa melihat sumber lalu lintas. Sumber lalu lintas inilah yang dapat menunjukkan darimana visitor datang.

Kita bisa melihat browser apa saja yang digunakan visitor saat berkunjung ke blog kita lalu menggunakan media komputer atau smartphone saat berkunjung. Juga suggestion link yang digunakan untuk menarik visitor, suggestion link ini dapat berupa direct link yang biasa di share pada sosial media ataupun suggestion link melalui mesin pencari. Semakin banyak suggestion link dari mesin pencari, semakin baik pula kualitas seo blog kita.


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments