Cara membuat backlink yang benar

December 09, 2017
Cara membuat backlink yang benar-Salah satu cara agar artikel yang kita posting dapat ter-indeks dengan baik oleh google adalah dengan membuat backlink berkualitas. Backlink yang berkualitas adalah backlink yang terpasang pada website atau blog dengan kualitas seo yang baik.

Contoh paling mudah bila seseorang mengutip potongan kata dari artikel kalian dan kebetulan blog itu menduduki SERP nomer satu di google, otomatis posisi artikel kalian di mesin pencari akan semakin tinggi. (baca juga : Pengertian SEO dan Penjelasannya)

Tentunya hal itu tidak akan terjadi bila kualitas dari artikel blog kalian sangat rendah, jangankan membaca, melirikpun tidak. Karena kata lain dari backlink adalah saran (suggest). Dengan kata lain backlink adalah sebuah link yang disarankan seseorang untuk mengunjungi suatu laman.


Sumber : Blue Corona

Minimal jika kalian tidak dapat membua artikel yang berkualitas, buatlah artikel yang sederhana dan bermanfaat bagi orang banyak, seperti membuat artikel tentang bagaimana cara membuat fanspage facebook. Walau ini tampak sepele, tapi perlu diingat bahwa masih banyak ribuan orang disana yang tidak tahu bagaimana caranya membuat facebook.

Artikel-artikel semacam itulah yang mungkin kalian perlu buat, mengingat jumlah pencari yang banyak pada mesin pencari. Maka dari itu pentingnya kualitas backlink pada blog kita agar dapat visitor organik, kita harus berupaya sebaik mungkin agar mendapat backlink yang berkualitas.

#1 Guest Blogging

Cobalah untuk membuat artikel pada situs-situs terkenal, seperti kaskus, maxmanroe, jalantikus, mastekno. Kirimkan artikel yang yang berkualitas dan pada artikel tersebut paling tidak sebut nama blog kalian pada artikel yang kalian kirimkan, karena biasanya untuk submit artikel ke website seperti jalantikus, maxmanroe agak dibatasi dan mungkin akan di hilangkan oleh admin yang mengeceknya. Karena biasanya untuk website startup seperti itu memiliki kebijakan tersendiri, akan tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba.

#2 Minta backlink

Cara ini lumayan sulit, dan mungkin ini-lah kenapa kita harus membangun social networking pada sesama blogger, seperti yang saya lakukan setahun belakangan yaitu mengikuti salah satu komunitas blogger, disitu saya mendapat banyak pengalaman dengan orang yang lebih professional, dan pernah salah satu artikel saya di review oleh salah satu blogger yang lumayan kondang, walau tidak ber-effect langsung pada meningkatnya visitor tetapi bisa dirasakan dengan naiknya hasil SERP pada mesin pencari (bukan blog yang ini)

#3 Memasang backlink di blog sendiri

Cara ini adalah yang paling mudah, yaitu tinggal menaruh link yang disarankan pada artikel terkait. Contoh paling mudah yaitu misal kalian membuat artikel tentang kesehatan dengan subtema cara mengobati batuk, maka cantumkan-lah artikel lain yang masih ada kaitannya dengan artikel cara mengobati batuk, seperti (baca juga : cara mencegah batuk)

#4 Share di Media Sosial

Sebenarnya hal ini masih diperdebatkan karena ada beberapa orang yang beranggapan bila kualitas backlink dari sosial media terbilang rendah, sebenarnya menurut saya kualitas backlink dari media sosial bisa menjadi backlink kualitas rendah bilamana, kita terlalu sering menaruh link di media sosial tersebut, bahkan bisa dianggap sebagi spam. Ini akan berbeda jika kita meng-share artikel post kita secara berkala tetapi memiliki tingkat interaksi yang tinggi (seperti komentar, like dsb), sehingga media sosial dapat menjadi salah satu penunjang dalam persaingan ranking di mesin pencari.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments